Penyaluran ke Panti Asuhan Al-Barokah, bersama JMG UGM

 

Sentra Kerohanian Islam (SKI) dari fakultas Geografi UGM, yang bernama Jama’ah Muslim Geografi (JMG), telah bekerja sama dengan Rumah ZIS UGM, untuk menyalurkan bantuan dan mengadakan kegiatan di Panti Asuhan dan Dhu’afa Al-Barokah. Kegiatan ini bertemakan peringatan hari bumi, untuk meningkatkan kesadaran akan kepedulian lingkungan. Berikut adalah profil panti dan foto-foto kegiatannya.

PANTI ASUHAN DAN DHU’AFA AL BAROKAH

Panti Asuhan Al-Barokah Putra

 

 

Panti Asuahn dan Dhua’afa terletak di Ketandan, Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta. Panti Asuahn Al Barokah dibawah Yayasan Yatim Piatu dan Dhu’afa Al Barokah. Panti Asuhan Al Barokah terdiri dari 43 anak yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 30 anak perempuan. Dominasi anak yang berada di Panti Asuhan Al Barokah bersekolah di jemjang SMP dan SMA, sedangkan SD terdapat 3 anak. Yayasan Yatim Piatu dan Dhu’afa Al Barokah dipimpin oleh Bapak Drs. KH Bahruddin HZ.

Sejarah berdirinya Panti Asuhan Al Barokah adalah terbentuk dari ide dari sekolompok pengajian bapak-bapak dan ibu-ibu yang memiliki ide untuk mendirikan Panti Asuhan dengan memanfaatkan bangunan sekolah dasar Impres yang tidak terpakai. Tahun 2003 merupakan tahun pertama Panti Asuhan Al Barokah berdiri dengan jumlah anaknya terdiri dari 7 anak dan terus berkembang sampai sekarang menjadi 43 anak. Sebelum Panti Asuhan Al Barokah ini terbentuk bapak-bapak dan ibu-ibu pengajian telah melakukan santunan yang ditunjukkan kepada anak yatim atau piatu dan du’afa di sekitar wilayah Ketandan.

Panti Asuhan Al Barokah ini selama selama tahun 2003 sampai 2010 penghuni anak pantinya tinggal dan menetap di bangunan bekas sekolah dasar impres yang berada di Ketandan. Kemudian terdapat donatur yang mewaqafkan tanahnya untuk dibangun Panti Asuhan Al Barokah. Bangunan baru Panti Asuhan Al Barokah ini telah jadi sejak tahun 2010, sehingga penghuni anak laki-laki di Panti Asuhan Al Barokah pindah meninggali bangunan baru panti. Namun, pembangunan bangunan baru panti belum selesai dan masih dibangun sehingga seluruh penghuni pankti (Putra dan Putri) menjadi satu atap. Dan sampai sekarang santri putri tinggal mentap di bekas sekolah dasar impres dan santri putra di bangunan baru panti asuhan.

Kegiatan yang dilakukan santri putra maupun putri di Panti Asuhan Al Barokah adalah diajarkan mengenai ajaran agama Islam seperti membaca Al Qur’an, membaca kitab dan sholat malam dengan disertai sholat berjamaah setiap harinya. Bangunan di Panti Asuhan Al Barokah baik Panti Putra maupun Putri terdiri dari sebuah Mushola yang digunakan sebagai tempat mengajarkan ajaran agama dan digunakan sebagkai sholat berjamaah. Kegiatan rutin yang dilakukan oleh Panti Asuhan AL Barokah setiap Minggu Wage dilakukan mujahadah Asmaul Husna yang dihadiri oleh para jamaah yang berada di wilayah Yogyakarta.

Yayasan Yatim Piatu dan Dhu’afa Al Barokah memiliki jumlah penghuni panti yang berada atau tinggal di panti dan yang tidak tinggal di panti. Santri yang tinggal di panti berjumlah 43 anak (yatim atau yatim piatu dan du’afa), sedangkan santri yang tidak tinggal di panti (dhu’afa) berjumlah sekitar 500 orang. Bagi santri yangtidk tinggal di panti terdapat bantuan yang diberikan setiap tahun sebanyak dua kali bagi kaum dhu’afa. Yayasan Yatim Piatu dan Dhu’afa Al Barokah juga memiliki jamaah yang berupa kaum jompo, yang diberikan bantuan sebanyak sekali selam setahunnya. Bantuan yang diberikan bagi kaum dhu’afa dan para orang jompo selama periode dua tahun. Kaum dhu’afa dan para orang jompo terdiri dari orang yang berada di sekitar Panti Asuhan Al Barokah yaitu berada di sekitar Ketandan dan Prambanan.

photo kegiatan di panti asuhan   keg di panti asuhan

keg di panti asuhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.