Mari Menjadi Muzakki


 
Ramadhan dating penuh berkah, untuk semua orang. Bulan dimana rahmad dan ampunan secara besar – besaran diobral dimana – mana. Selain itu, ada satu amalan syarat wajib seorang muslim yang hanya bias dilakukan pada bulan ramadhan, yaitu Kewajiban untuk membayar zakat fitrah.
 
Termasuk oleh Tim – KKN UGM Unit Sendangmulyo yang  bermitra secara penuh bersama R-ZIS UGM. Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi sosial terhadap aktifitas masyarakat yang muslim pada saat bulan ramadhan. Didukung oleh mitra secara penuh dalam hal pendanaan, kemudian bekerjasama dengan takmir setempat dalam hal peyaluran. Sehingga yang dilakukan adalah upaya penyatuan gerak dan penyamaan data penerima zakat dengan takmir sacara data tertulis dengan data hasil survey dilapangan.
 
Lokasi KKN – PPM UGM bertempat di tiga Sub Unit, Yaitu Dusun Mergan, Dusun Kwayuhan, dan Dusun Slarongan. Bersama tim KKN, R-ZIS UGM berhasil menyalurkan paket zakat fitrah sejumlah 223 paket masing masing berupa paket beras 2,5 Kg yang tersebar di tiga sub unit yang ditempati KKN – PPM UGM.
 
Ada 8 golongan yang berhak menerima zakat, yaitu: fakir, miskin, mualaf (orang yang baru masuk Islam), orang yang terlilit hutang (gharim), amil (panitia pembagi zakat), orang yang dalam perjalanan (musafir), orang yang berjuang di jalan Allah (ibnu sabil), dan riqab
Semoga menjadi amal bagi muzakki yang sudah memenuhi kewajibannya, dan bagi mustahik, semoga dicukupkan kebutuhannya. Berkah dan bertambah, suci dan menyucikan. Aamiin. Salam cinta sejahtera bagi semua ummat muslim dimanapun anda berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.