Seremoni Penyerahan Beasiswa RZIS UGM Periode Semester Genap TA 2015/2016

Jum’at (1/4), Rumah ZIS Universitas Gadjah Mada (RZIS UGM) melaksanakan Seremoni Penyerahan Beasiswa RZIS UGM dan Silaturrahmi-Sambung Rasa UGM-Aparatur Daerah Sekitar Wilayah UGM (Inspiring Bulaksumur Urban Community). Seremoni ini diisi dengan beberapa sesi, dibuka dengan sesi Sharing Motivation oleh Bapak Nurhadi, S.T. dari ECC UGM. Bapak Nurhadi mengatakan bahwa ketenagakerjaan di Indonesia memiliki problematika. Banyak freshgradute yang memiliki beberapa masalah saat melaksanakan sistem rekrutmen pekerjaan di banyak perusahaan, terutama dalam masalah kesehatan. Sehingga kesehatan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum mencoba untuk mencari pekerjaan. Banyak yang bisa dilakukan bagi para lulusan sarjana selain bekerja di perusahan, misalnya dengan berwirausaha.

Pada sesi selanjutnya, Bapak Taufikur Rahman,S.E., M.B.E sebagai Direktur Operasional RZIS UGM memberikan laporan perkembangan RZIS UGM dalam memberikan bantuan, tak hanya untuk mahasiswa yang kurang mampu, melainkan juga masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar UGM.

RZIS

Bapak Prof. Suratman, Wakil Rektor Bidang Pengabdian Masyarakat, mengisi sesi selanjutnya. Beliau mengatakan bahwa apa yang dilakukan RZIS UGM untuk masyarakat sekitar wilayah UGM adalah sebagai langkah untuk membangun hubungan yang “mesra” antar civitas akademika UGM dengan masyarakat sekitar UGM yang juga merupakan salah satu program UGM. Bapak Prof. Dr. Suratman juga turut menyerahkan Beasiswa RZIS UGM secara simbolis kepada dua mahasiswa Penerima Tunjangan Hidup (PTH) RZIS UGM. Selanjutnya, di sesi ini juga dibuka kesempatan untuk para hadirin untuk menyampaikan aspirasinya untuk RZIS UGM khususnya dan UGM umumnya. Ada tiga tokoh masyarakat yang hadir dalam kesempatan itu untuk mengajukan aspirasinya. Dalam sesi ini, dikatakan bahwa RZIS UGM perlu mencoba untuk tak hanya membuat program Mahasiswa Asuh, melainkan bisa diterapkan pada anak-anak yatim dan fakir miskin untuk bisa mengecap pendidikan layak. Tokoh-tokoh tersebut menyampaikan rasa terima kasihnya pada RZIS UGM karena kehadirannya di tengah masyarakat kurang mampu sangat berarti.