Bhakti Pendidikan R-ZIS UGM

Direktur Operasional R- ZIS UGM (Taufikur Rahman, S.E., M.B.A.) Bersama Ibu Ethin beserta Siswa SD Colombo (Penerima Beasiswa)

 

Salah satu program penyaluran dana zakat, infaq, dan shodaqoh yang dikelola Rumah Zakat Infaq Shodaqoh (R-ZIS) UGM adalah beasiswa pelajar SD. Dalam hal ini R-ZIS dalam penyalurannya bekerja sama dengan SD Muhammadiyah Kolombo yang berlokasi di kompleks sekolah Kolombo. Beasiswa pendidikan dalam bentuk pemberian SPP penuh setiap bulan. DIkarenakan termasuk Sekolah Swasta, maka beban biaya sekolah masih belum sepenuhnya gratis.

 


Kerja sama ini sudah berlangsung selama 4 tahun dari penerima beasiswa bermula dari 5 anak hingga tahun ini menjadi 20 anak yang tersebar dari kelas 1 hingga kelas 6. Anak-anak penerima beasiswa ini semua berasal dari keluarga yang tidak mampu yang tinggal di sekitar Kali Gadjah Wong. Bahkan sebagian dari mereka merupakan anak yatim. Di tengah segala keterbatasan ini mereka tetap memiliki semangat dan cita-cita tinggi untuk sekolah sekaligus menimba ilmu agama sehingga mereka memilih untuk sekolah di SD Muhammadiyah Kolombo.

Para guru SD Kolombo berjuang keras agar anak-anak yang tinggal di sekitar kali Gadjah Wong yang sebagian besar merupakan kelas menegah ke bawah lebih memilih sekolah di SD tersebut, mengingat SD lain yang berada di kawasan kali ini adalah 3 sekolah non muslim yang juga memiliki banyak promosi agar para orang tua memasukkan anaknya untuk sekolah di sana baik dengan iming-iming SPP dan uang seragam gratis serta pemberian sembako untuk orang tuanya. Hal ini sangat membahayakan akidah anak-anak. Oleh karena itu pihak SD Kolombo berjuang gigih agar anak warga bantaran kali Gadjah Wong lebih memilih sekolah di sekolah islami ini. Demi mendukung langkah mulia para pengelola, pihak sekolah berharap dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak.

Tidak menutup kemungkinan, dalam penyalurannya kepada sekolah lain yang memang siswa yang bersangkutan sesuai dengan kriteria penerima dana ZISWAF sebagaimana yang ditetapkan. Semoga berkah mengalir kepada para muzaki, aamiin.