CAPACITY BUILDING: GENERASI MUDA ZAKAT

DSC_0454
Gambar 1. Foto pembagian doorprize

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ahad (28/2), pelatihan Capacity Building: Generasi Muda Zakat Rumah Zakat Infaq dan Shodaqoh (R-ZIS) yang bekerja sama dengan Dompet Shalahudin (DoSha) Jamaah Shalahudin (JS) dan Shariah Corner Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) dilaksanakan di ruang Audio Visual Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). Acara pelatihan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Acara ini mengusung tema One Day Basic Learning to Success for the Future yang dihadiri sejumlah 61 peserta penerima beasiswa R-ZIS dari kalangan pelajar, termasuk di antaranya siswa tunanetra, dari berbagai sekolah SMA/sederajat di provinsi Yogyakarta serta mahasiswa UGM.

Acara ini diawali dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Hardy Santosa S. selaku ketua panitia acara ini, dilanjut kan Bapak Taufikur Rahman, S.E., M.B.A, Ak., CA. sebagai Direktur Operasional R-ZIS UGM. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Rifandi salah satu siswa MAN 1 Yogyakarta.

Pada materi sesi I mengenai Mahasiswa Berprestasi yang diisi oleh Bapak Fuad Hamsyah, S.Psi., M.A., Dosen Muda Psikologi UGM yang baru lulus dari Jerman dan Mas Ahmad Nasikun S.T., M.Sc., Mahasiswa Berprestasi UGM 2010 yang dimoderatori oleh Bapak Taufikur Rahman.

Bapak Fuad menyampaikan materi mengenai kiat-kiat untuk sukses kepada peserta. Beliau juga banyak menceritakan perjuangannya dalam menempuh pendidikan di luar negeri. “Kalian harus punya semangat dan tekad yang besar, karena kalian memiliki banyak kesempatan ke depannya.”.“walaupun sekarang kalian adalah penerima beasiswa, kelak percayalah kalian yang akan memberikan beasiswa kepada orang lain” imbuh dosen UGM itu.

DSC_03211
Gambar 2. Antusias peserta saat materi sesi 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mas Nasikun menyampaikan sharing mengenai kesuksesannya dalam mencapai target dan cita-citanya. “Kalian harus punya visi yang jauh. Kalian harus punya impian yang banyak. Karena visi dan impian ituah yang akan selalu memberikan semangat kepada kalian” harap pemuda lulusan S2 dai Seoul itu.

Pada sesi 1 ini antusias dari peserta sangat tinggi sekali, terbukti pada termin tanya jawab, tercatat ada 7 penanya dari peserta dengan total 12 pertanyaan. Dengan lugas pertanyaan-pertanyaan itu dijawab oleh pembicara dengan jelas dan baik. Dilanjutkan sesi istirahat yang  berakhir pada pukul 13.00 WIB

Sesi 2 mengusung tema Karir dan Wirausaha yang diisi oleh Bapak Nurhadi, S.T. Direktur Engginering Career Center (ECC) UGM dan Pradita Aditama (Radit) dari perwakilan Owner Geprek Susu (Preksu) yang dimoderatori oleh Joko Listyanto dari Sekolah Vokasi UGM 2013.

Bapak Nurhadi mengawali materinya dengan memutarkan sebuah video. Dari video itu beliau meminta peserta untuk mengungkapkan apa yang telah di dapat dari video tersebut. “baik, yang didapat oleh kalian bahwa dalam hidup ini pasti akan merasakan sebuah kejatuhan dan apapun yang telah kita mulai, wajib kita selesaikan. Apapun hasilnya” tandas direktur ECC UGM itu.

“Ada hal yang patut kalian perhatikan dalam hidup Anda, bahwa indikator kebahagiaan dalam agama islam adalah seberapa jauh / seberapa besar anda mampu membawakan agama anda (Islam) ke dalam karir dan pekerjaan Anda. Dalam suatu hadits mengatakan sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya” tambah orang yang berumur 40-an tahun itu.

Dilanjut materi kedua dengan tema Wirausaha, Radit lebih banyak mengupas tuntas cerita dari awal sampai akhir perjuangannya mendirikan bisnis Preksunya.

“Mengapa kalian harus berwirausaha? Karena wirausaha sebagai pembuka rezeki kita dan dapat membantu orang-orang di sekitar kita dalam hal lapangan pekerjaan yang ada” tukas pemuda berkacamata itu.

Sesi II ini juga tak kalah seru, ada 5 penanya dengan total pertanyaan 7. Semua pertanyaan pun di jawab dengan baik oleh pemateri. Tak lupa di setiap akhir sesi, penanya mendapatkan bingkisan kecil dari R-ZIS UGM.

Acara ini selesai tepat pada pukul 15.00 WIB dan diakhiri dengan foto bersama di luar ruang Audio Visual FEB. “Alhamdulillah mendapat banyak ilmu dan pengalaman baru. Bersyukur karena masih diberi hidup oleh Allah untuk mengikuti acara ini. Untuk ke depannya semoga acara ini tetap berlangsung dengan pembicara yang tak kalah bagusnya” harap Randi siswa MAN 1 Yogyakarta itu.

DSC_0601
Gambar 3. Foto bersama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh Risnu Meidianto R. A. DoSha