Who's Online

Sekretariat

 Alamat:
 Komplek Masjid Kampus
 UGM - Bulaksumur
 Yogyakarta 55281

 

 Jam Buka:

  Senin-Sabtu

  (09.00 - 16.00 WIB)

 Contact Person:

  YM rumahzisugm

  (0274 859 9066)
  (0856 4321 9696)

 E-mail:

  ugm.rzis [at] gmail.com 

  rumahzis [at] ugm.ac.id

 

 Facebook:

  Rumah Zis Ugm

 Twitter:

  RumahZIS UGM

 Kunjungi Blog Kami:

  Kisah Inspiratif Keluarga RZIS UGM

  KKN - PPM RZIS UGM

 

Rekening:
 Bank Mandiri:
 137 000 602 6674 (a.n. LAZIS UGM)

 

 Bank Muamalat:
 535 000 6166 (a.n. Taufikur Rahman / Akhmad Akbar Susamto)

 

Bank Syariah Mandiri:
775 522 3338 (a.n. RZIS UGM)

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini94
mod_vvisit_counterKemarin59
mod_vvisit_counterMinggu Ini559
mod_vvisit_counterBulan Ini1653
mod_vvisit_counterSemua153771
Home
Silaturahmi R-ZIS UGM ke Tunanetra Penerima Santunan
Ditulis oleh Ale Ikhwan Jumali   
Thursday, 09 April 2015

Ahad, 5 April 2015.

Menyusuri tanah berbalut aspal hitam di sepanjang jalan magelang, siang itu cukup terik memang. Kuda besi yang saya tunggangi menembus teriknya panas dan hembusan angin yang tak seberapa, membuatku tak begitu menikmati perjalanan ini. Hanya dan hanya jika, ini hanya sekedar perjalanan biasa. Tapi siang itu, ini adalah perjalanan tafakur alam.

Sampailah di Muntilan, di Karasan Barepan lebih tepatnya. Masuk pedesaan dan tibalah di sebuah rumah mungil yang menyediakan jasa tukang pijat. Inilah rumahnya Bp Jaswadi dan Ibu Ibu Pargiyem. Sepasang tunanetra yang menjalani hidupnya hanya dengan dua warna, hitam putih. Sejam perjalanan membuat saya haus dan lelah serta sedikit lapar, dengan sangat cair dan akrab layaknya keluarga sendiri, semuanya sudah tersaji. Buah, Teh, makan siang, dan keramahan. Tidak ada ekspresi kesusahan sedikitpun di keluarga ini.

Setelah puas bercengkerama, perjalanan saya lanjutkan ke Srimulyo Piyungan, menemui pasutri tunanetra (Bp Suparno dan Ibu Suhartini). Lebih sulit dari yang saya kira, rumahnya tersembunyi di sebalik pedesaan dan melewati perkebunan tebu. Alhamdulillah, ketemu. di Rumah ada Ibu Suhartini beserta anak perempuan nya yang cantik dan beranjak dewasa, kelas tiga sma. Sedang bapaknya, ada di jakarta, mencari nafkah dengan membuka jasa pijat. Setelah saling bercerita panjang lebra, saya sudahi urusan ini utnuk melanjutkan perjalanan.

1

Tepat adzan ashar, saya tiba di rumahnya Bp Suparjo dan Ibu Suratmi di Sendangtirto Berbah. Setelah menunaikan sholat ashar, saya sowan ke rumah beliau. Serupa dengan dua keluarga sebelumnya. Ini pasutri tunaetra, dan tidak nampak raut kesusahan di wajah mereka. Mereka menceritakan banyak hal sembari sesekali tertawa dan mengajak bercanda. Saya tenggelam dalam asam garam kehidupan mereka.

2

Tujuan silaturahim kali ini adalah untuk menyambung persaudaraan dari Kantor Rumah Zis Ugm dengan mustahik kami terutama para tunanetra, sembari menyalurkan santunan rutin bulanan yang biasanya mereka ambil ke kantor kami. Sepanjang perjalanan pulang, saya membayangkan banyak hal. bagaimana mereka melewati hidup, karena rata rata mereka buta sejak umur di bawah lima tahun. Bagaimana mereka melakukan perjalanan menjalin komunikasi dengan pasangan, merawat anak, memasak, menghafalkan setiap sudut rumah agar tidak terbentur benda keras saat bergerak, bagimana saat hujan turun deras saat lagi di jalan, dan lain sebagainya. Tidak akan pernah sampai pada logika ini bagaimana mereka menemukan begitu banyak kebahagiaan kemudian mensyukurinya hingga bisa bertahan sejauh ini. Ya Rabbi, ampuni kami.

3

Saat di jlan, saya kehujanan dan kepanasan. Saya sesekali mengeluh dan merasa tidak nyaman. Sedangkan dengan mudahnya saya bisa berteduh dan mencari tempat singgah. Sedang mereka? Inilah tafakur alam atas ayat kauniyahNya yang harus lebih banyak kita sukuri sebagai manusia yang masih diberikan kenikmatan dalam mengenali semua warna. Mata kita normal. Namun bagaimana dengan hati kita?

Saya pribadi, mendoakan agar keluarga mereka diberikan kelapangan urusan oleh Allah swt, dan semoga berkahnya rejeki mengalir kepada para muzaki yang telah mempercayakan ziswaf nya kepada kami.

 
Pengumuman Penerima Tunjangan Hidup R-ZIS UGM Semester Genap T.A. 2014/2015
Ditulis oleh Rumah ZIS UGM   
Saturday, 04 April 2015
Assalamu'alaikum wr. wb.
Berikut adalah pengumuman hasil seleksi berkas dan wawancara Tunjangan Hidup (Beasiswa) R-ZIS UGM Semester Genap T.A. 2014/2015
Mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi diharapkan datang ke kantor R-ZIS UGM untuk menandantangani nota kesepakatan dan pembuatan rekening tabungan (dengan membawa materai 6000 serta fotokopi KTP dan KTM) pada hari Senin (06/04/15) sampai dengan Kamis (09/04/15) pukul 09.00-16.00 WIB.
 
Berikut Surat Keputusan Penerima Beasiswa R-ZIS UGM Semester Genap T.A. 2014-2015 
 
scan surat pengumuman 
 
Berikut Daftar Mahasiswa Penerima Beasiswa R-ZIS UGM Semester Genap T.A. 2014-2015
 
1
2
3
 
4
6
7
 
Bagi mahasiswa yang tercantum namanya diatas, mohon pengumuman ini menjadi perhatian. Terimakasih.
Wassalamu'alaikum wr. wb. 
 
 
Terakhir diupdate ( Saturday, 04 April 2015 )
 
Pembinaan Pelajar SMA Penerima Beasiswa R-ZIS UGM
Ditulis oleh Hardy Santosa   
Thursday, 02 April 2015

Pada hari Minggu, tanggal 29 Maret 2015, bertempat di Selasar Sayap Utara Masjid Kampus UGM diadakan acara pembinaan bagi penerima beasiswa kategori SMA. Acara pembinaan tersebut diisi oleh salah seorang mahasiswa berprestasi UGM untuk memberikan motivasi kepada para penerima beasiswa RZIS. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 ini dihadiri oleh 21 orang penerima beasiswa RZIS.

Acara ini terselenggara bekerjasama dengan Dompet Shalahuddin Lembaga Dakwah Kampus Jama’ah Shalahuddin UGM. InsyaAllah acara pembinaan bagi penerima beasiswa RZIS akan diadakan setiap akhir bulan. Semoga dengan diadakan pembinaan ini akan semakin menambah pengetahuan bagi para penerima beasiswa RZIS.

Suasana Pembinaan oleh Mapres UGM

suasana pembinaan

Adik-adik fokus mendengarkan sharing motivasi oleh Mapres UGM

suasana pembinaan 2

pembinaan 3

pembinaan 4

Berfoto bersama setelah selesai pembinaan

foto 1

Foto 2

 Foto 3

 Pembinaan ini rutin diadakan tiap bulan kolaborasi antara R-ZIS dan Dosha JS UGM

 
<< Awal < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Lanjut > Akhir >>

Hasil 1 - 4 of 100
@2008 Rumah ZIS Civitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada
Web Developer By CV. Camp26