Who's Online

Sekretariat

 Alamat:
 Komplek Masjid Kampus
 UGM - Bulaksumur
 Yogyakarta 55281

 

 Jam Buka:

  Senin-Sabtu

  (09.00 - 16.00 WIB)

 Contact Person:

  YM rumahzisugm

  (0274 859 9066)
  (0856 4321 9696)

 E-mail:

  ugm.rzis [at] gmail.com 

  rumahzis [at] ugm.ac.id

 

 Facebook:

  Rumah Zis Ugm

 Twitter:

  RumahZIS UGM

 Kunjungi Blog Kami:

  Kisah Inspiratif Keluarga RZIS UGM

  KKN - PPM RZIS UGM

 

Rekening:
 Bank Mandiri:
 137 000 602 6674 (a.n. LAZIS UGM)

 

 Bank Muamalat:
 535 000 6166 (a.n. Taufikur Rahman / Akhmad Akbar Susamto)

 

Bank Syariah Mandiri:
775 522 3338 (a.n. RZIS UGM)

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini81
mod_vvisit_counterKemarin123
mod_vvisit_counterMinggu Ini512
mod_vvisit_counterBulan Ini81
mod_vvisit_counterSemua122157
Home arrow Kegiatan arrow Aksi Kemanusiaan
Bahagia Itu Sederhana: Bersyukur Atas karunia PDF Print E-mail

Bpk Suwaji sedang menerima santunan bulanan RZISBpk Suwaji membawa barang dagangannya

      Adalah Bapak Suwaji,

      Beliau adalah salah satu penerima santunan Tuna netra RZIS.  Beliau bertempat tinggal di daerah Jalan Parangtritis Km.6 (Sebelah Utara Kampus ISI) Sewon, Bantul. Pak Suwaji memiliki keluarga Besar karena dikaruniai anak sebanyak 6 orang dan istri bernama Ibu Ramini.

Ingin membaca kelanjutannya...
 
Bantuan untuk Panti Asuhan Yatim Piatu PDF Print E-mail

Program RZIS yang satu ini adalah santunan bagi anak-anak yatim piatu yang tinggal di Panti Asuhan di Yogyakarta secara rutin selama beberapa bulan sekali. Saat ini jumlah Panti Asuhan yang mendapat santunan dari RZIS berjumlah 12, yaitu PA Wahid Hasyim, PA Muhammadiyah Nanggulan, PA Al-Hakim Sinar Melati 2, PA Bina Siwi, Ghifari, Ikatan Tunanetra Muslim, PA BASA (Badan Amal Shaleh Amanah), PA Al-Furqan, PA & PP Al-Quddus Sinar Melati 7, PA Diponegoro, PA & Pesantren Putri Muhammadiyah, dan Pondok Yatim Baitussalam. Alokasi yang dianggarkan setiap bulannya sekitar Rp500.000,00 untuk setiap Pondok Asuhannya. Akan tetapi frekuensi penyalurannya masih menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Sejauh ini penyaluran santunan masih belum rutin. 

 

DOK 

  

 Pipit, Azimah, dan Nia mengunjungi PA BASA (Lembaga Penyantunan Anak Asuh Badan Amal Anak Shaleh Amanah) yang beralamat di  di daerah Klepu, Sumberarum, Mogoyudan, Sleman, Yogyakarta, untuk memberikan santunan dari RZIS UGM untuk panti asuhan tersebut

 

 Indriyana Mei P menyalurkan sumbangan R-ZIS UGM kepada Panti Asuhan Al-Furqon yang beralamat di Gedongan, Sumberagung, Moyudan,Sleman. 

 

  

 Penyaluran Bantuan PA Diponegoro oleh Ervin

  

  

Mutia Pratiwi dan Rusmi Sri Wiyati,Penyaluran santunan dari RZIS UGM ke Panti Asuhan Muhammadiyah Putri disampaikan pada tanggal 25 Mei 2014, di lokasi panti yang berada di desa Jamblangan, Pakem 

  

Ficha, Habsari dan Fadillah menyalurkan santunan RZIS UGM ke Panti Asuhan Ghifari,Alamat Relokasi Pelem, Girikerto Turi Sleman
 

 
Sinopsis Aksi Kemanusiaan. PDF Print E-mail

1.      Penyaluran Sembako RZIS di Lingkungan Sekitar Ugm

               RZIS adalah salah satu Lembaga Amil Zakat Universitas Gadjah Mada yang bekerja untuk menyalurkan zakat, infaq, shadaqah, dan waqaf.  Ada berbagai program yang dilaksanakan di RZIS salah satunya adalah penyaluran sembako rutin setiap satu bulan sekali. Hal ini dilakukan agar dapat membantu  meringankan beban yang ditanggung masyarakat yang kurang mampu khususnya di wilayah sekitar UGM. Dalam kegiatan ini kami melibatkan para Penerima Tunjangan Hidup yaitu mahasiwa/mahasiswi UGM yang masih aktif dan yang membutuhkan. Pada periode saat ini 133 kepala keluarga dari 14 padukuhan yang mendapat manfaat dari program penyaluran sembako tersebut. Alokasi yang dianggarkan setiap bulannya pada periode ini sekitar Rp13.000.000,00 per bulannya.
 
Aksi Sosial: Bantuan Sembako Sambut Ramadhan PDF Print E-mail
 
Sleman- Bantuan langsung kepada masyarakat kurang mampu berupa sembako diselenggarakan oleh RZIS (Rumah Zakat Infaq dan Sodakoh) UGM untuk masyarakat yang menjadi lokasi KKN - PPM UGM yang bertembat di Desa Sendangmulyo, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasi KKN - PPM UGM bertempat di tiga dusun, yaitu Dusun Kwayuhan, Dusun Slarongan, dan Dusun Mergan. Penyaluran Sembako dilakukan pada awal Bulan Ramadhan lalu. RZIS bekerjasama dengan KKN PPM Unit Sendangmulyo untuk terjun langsung ke masyarakat dalam rangka penyaluran bantuan sembako sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab kami bagi mitra. Selain perkenalan dengan warga dan menambah keakraban, penyaluran sembako bertujuan untuk sedikit meringankan beban untuk memenuhi kebutuhan primer bagi mereka yang benar- benar kurang mampu dan dapat dikategorikan sebagai orang yang sudah tidak produktif lagi untuk bekerja. Dengan diselenggarakannya program RZIS tersebut, diharapkan dapat sedikit meringankan beban bagi mereka yang benar- benar membutuhkan dan membangun citra yang positif sebagai bentuk kerjasama dalam kegiatan sosial.


Sepenuhnya, program ini didanai oleh mitra dari R-ZIS UGM yang dilaksanakan dilokasi KKN. Mahasiswa pelaksana KKN terjun langsung ke masyarakat dalam rangka penyaluran bantuan sembako sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kondisi sosial yang ada di masyarakat. Kegiatan ini menjadi sala satu sarana untuk srawung berbaur dengan masyarakat. Selain perkenalan dengan warga dan menambah keakraban, penyaluran sembako bertujuan untuk sedikit meringankan beban dalam memenuhi kebutuhan primer bagi mereka yang benar – benar kurang mampu dan dapat dikategorikan sebagai orang yang sudah tidak produktif lagi untuk bekerja. Kegiatan diawali dengan cara observasi/ survey kepada masyarakat, observasi tersebut bertujuan untuk memilah dan memilih siapa yang berhak mendapatkan bantuan berupa sembako. Observasi dilakukan agar pembagian sembako tidak salah sasaran. Selain itu, dilakukan juga koordinasi dengan perangkat setempat guna meminta saran dan data masyarakat fakir yang berhak menerima bantuan langsung sembako. Dengan diselenggarakannya program RZIS tersebut, diharapkan dapat sedikit meringankan beban bagi mereka yang benar- benar membutuhkan dan membangun citra yang positif sebagai bentuk kerjasama dalam kegiatan sosial. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program tersebut adalah kecemburuan sosial oleh masyarakat setempat. Sebisa mungkin kami mereduksi adanya kecemburuan tersebut dengan menjelaskan secara detail mengenai pembagian sembako tersebut, yang mana pembagian sembako tersebut memang tidak semua warga memperolehnya hanya untuk orang yang memang tergolong fakir.
 
Profil Tunanetra : Bapak Suwaji PDF Print E-mail

 

bapak suwadi

 

Siang hari tepatnya sehabis dzuhur , dua orang pengurus RZIS, serta bertemu dengan bapak Suwaji. Beliau adalah salah satu penerima santunan Tuna netra RZIS. Beliau bertempat tinggal di daerah Jalan Parangtritis Km.6 (Sebelah Utara Kampus ISI) Sewon, Bantul.  Pak Suwaji memiliki keluarga Besar karena dikaruniai anak sebanyak 6 orang dan istri bernama Ibu Ramini. Anak Pertama beliau kini sudah bekerja disalah satu perusahaan TV swasta terkenal di Indonesia dan pernah mengenyam pendidikan sampai kuliah. Menurut penuturan beliau, anak kedua SMA kelas 3 di PGRI Kasihan Bantul, anak ketiga bersekolah di SMK Muhammadiyah, anak keempat masih SMP, dan anak kelima serta keenam masih Sekolah Dasar.  Luar biasa perjuangan hidup beliau, kekurangannya sebagai penyandang  tuna netra bukan menjadikan penghalang bagi bapak enam anak ini bekerja keras demi membiayai kehidupan keluargannya.

 

bapak suwaji2
Jika hujan, maka yang bisa dilakukan hanya menunggu

 

Beliau biasa berjualan perabotan pembersih rumah seperti kemoceng, keset, sapu ijuk berkeliling-keliling di sekitar kompleks UGM, maupun masyarakat di daerah sekitar Kampus UGM. Berjualan perabotan pembersih rumah sudah beliau lakukan dari sekitar tahun 80-an, beliau juga tidak pernah gusar karena harus berkendaraan dan  pergi ke daerah yang cukup jauh dari tempat tinggal beliau. Beliau berjualan perabot pembersih rumah tangga selain dipergunakan untuk menghidupi kebutuhan keluargannya, disisi lain beliau juga turut membantu tetangganya karena bahan pembuatan perabot tersebut dipasok dari tetangga beliau juga. Beliau mengatakan dalam 1 hari barang jualannya bisa terjual ataupun kadang sama sekali tidak terjual . Dan tidak jarang pula Pak Suwaji harus bergulat dengan hujan dan panas di siang hari. Namun, beliau tidak pernah mengeluh ataupun kecewa dengan kondisi saat ini. Di tengah-tengah bekerja beliau tidak pernah melupakan Sang Pemberi Rezeki , saat adzan berkumandang bergegas beliau mencari masjid terdekat untuk salat dzuhur sekaligus beristirahat sejenak  15-30 menit. Inilah kehebatan beliau, untuk mengenalkan identitas diri beliau mempergunakan kartu nama, ternyata selain menjual  perabot pembersih rumah tangga beliau juga membuka Panti Pijat Tuna Netra

bapak suwaji3

Beliau juga memiliki fasilitas berupa telpon selular, yang sama dengan telepon selular biasa, dan tanpa kesulitan beliau menggunakannya untuk berhubungan dengan rekan-rekannya. Selain itu dengan alat ini, beliau juga menjadi lebih mandiri dan tidak membebani orang lainnya.

 

 
<< Awal < Sebelumnya 1 2 3 Lanjut > Akhir >>

Hasil 1 - 5 of 15
@2008 Rumah ZIS Civitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada
Web Developer By CV. Camp26