Who's Online

Sekretariat

 Alamat:
 Komplek Masjid Kampus
 UGM - Bulaksumur
 Yogyakarta 55281

 

 Jam Buka:

  Senin-Sabtu

  (09.00 - 16.00 WIB)

 Contact Person:

  YM rumahzisugm

  (0274 859 9066)
  (0856 4321 9696)

 E-mail:

  ugm.rzis [at] gmail.com 

  rumahzis [at] ugm.ac.id

 

 Facebook:

  Rumah Zis Ugm

 Twitter:

  RumahZIS UGM

 Kunjungi Blog Kami:

  Kisah Inspiratif Keluarga RZIS UGM

  KKN - PPM RZIS UGM

 

Rekening:
 Bank Mandiri:
 137 000 602 6674 (a.n. LAZIS UGM)

 

 Bank Muamalat:
 535 000 6166 (a.n. Taufikur Rahman / Akhmad Akbar Susamto)

 

Bank Syariah Mandiri:
775 522 3338 (a.n. RZIS UGM)

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini54
mod_vvisit_counterKemarin74
mod_vvisit_counterMinggu Ini219
mod_vvisit_counterBulan Ini2234
mod_vvisit_counterSemua156988
Home arrow Kegiatan arrow Aksi Kemanusiaan
Silaturahmi R-ZIS UGM ke Tunanetra Penerima Santunan PDF Print E-mail

Ahad, 5 April 2015.

Menyusuri tanah berbalut aspal hitam di sepanjang jalan magelang, siang itu cukup terik memang. Kuda besi yang saya tunggangi menembus teriknya panas dan hembusan angin yang tak seberapa, membuatku tak begitu menikmati perjalanan ini. Hanya dan hanya jika, ini hanya sekedar perjalanan biasa. Tapi siang itu, ini adalah perjalanan tafakur alam.

Sampailah di Muntilan, di Karasan Barepan lebih tepatnya. Masuk pedesaan dan tibalah di sebuah rumah mungil yang menyediakan jasa tukang pijat. Inilah rumahnya Bp Jaswadi dan Ibu Ibu Pargiyem. Sepasang tunanetra yang menjalani hidupnya hanya dengan dua warna, hitam putih. Sejam perjalanan membuat saya haus dan lelah serta sedikit lapar, dengan sangat cair dan akrab layaknya keluarga sendiri, semuanya sudah tersaji. Buah, Teh, makan siang, dan keramahan. Tidak ada ekspresi kesusahan sedikitpun di keluarga ini.

Setelah puas bercengkerama, perjalanan saya lanjutkan ke Srimulyo Piyungan, menemui pasutri tunanetra (Bp Suparno dan Ibu Suhartini). Lebih sulit dari yang saya kira, rumahnya tersembunyi di sebalik pedesaan dan melewati perkebunan tebu. Alhamdulillah, ketemu. di Rumah ada Ibu Suhartini beserta anak perempuan nya yang cantik dan beranjak dewasa, kelas tiga sma. Sedang bapaknya, ada di jakarta, mencari nafkah dengan membuka jasa pijat. Setelah saling bercerita panjang lebra, saya sudahi urusan ini utnuk melanjutkan perjalanan.

1

Tepat adzan ashar, saya tiba di rumahnya Bp Suparjo dan Ibu Suratmi di Sendangtirto Berbah. Setelah menunaikan sholat ashar, saya sowan ke rumah beliau. Serupa dengan dua keluarga sebelumnya. Ini pasutri tunaetra, dan tidak nampak raut kesusahan di wajah mereka. Mereka menceritakan banyak hal sembari sesekali tertawa dan mengajak bercanda. Saya tenggelam dalam asam garam kehidupan mereka.

2

Tujuan silaturahim kali ini adalah untuk menyambung persaudaraan dari Kantor Rumah Zis Ugm dengan mustahik kami terutama para tunanetra, sembari menyalurkan santunan rutin bulanan yang biasanya mereka ambil ke kantor kami. Sepanjang perjalanan pulang, saya membayangkan banyak hal. bagaimana mereka melewati hidup, karena rata rata mereka buta sejak umur di bawah lima tahun. Bagaimana mereka melakukan perjalanan menjalin komunikasi dengan pasangan, merawat anak, memasak, menghafalkan setiap sudut rumah agar tidak terbentur benda keras saat bergerak, bagimana saat hujan turun deras saat lagi di jalan, dan lain sebagainya. Tidak akan pernah sampai pada logika ini bagaimana mereka menemukan begitu banyak kebahagiaan kemudian mensyukurinya hingga bisa bertahan sejauh ini. Ya Rabbi, ampuni kami.

3

Saat di jlan, saya kehujanan dan kepanasan. Saya sesekali mengeluh dan merasa tidak nyaman. Sedangkan dengan mudahnya saya bisa berteduh dan mencari tempat singgah. Sedang mereka? Inilah tafakur alam atas ayat kauniyahNya yang harus lebih banyak kita sukuri sebagai manusia yang masih diberikan kenikmatan dalam mengenali semua warna. Mata kita normal. Namun bagaimana dengan hati kita?

Saya pribadi, mendoakan agar keluarga mereka diberikan kelapangan urusan oleh Allah swt, dan semoga berkahnya rejeki mengalir kepada para muzaki yang telah mempercayakan ziswaf nya kepada kami.

 
R-ZIS UGM Menyalurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Kumendaman Yogyakarta PDF Print E-mail
Pada tanggal 22 Januari 2015 terjadi musibah kebakaran di daerah Kumendaman di jalan M.T. Haryono, Yogyakarta. 
Musibah kebakaran ini menghancurkan beberapa bangunan yang menyebabkan 8 keluarga harus merelakan tempat 
tinggalnya dilalap si jago merah.
Kondisi bangunan yang dilalap si jago merah
 
Mendengar kabar ini, tim Rumah Zakat Infaq Shodaqoh Universitas Gadjah Mada (R-ZIS UGM) tergerak untuk 
menyalurkan santunan dari dana ziswaf yang dikelola. Penyaluran santunan dilaksanakan pada Senin, 
2 Februari 2015.
 
Bapak Taufikurrahman menyerahkan bantuan berupa sembako 
Bantuan berupa paket sembako sejumlah 8 paket serta dana santunan untuk delapan kepala keluarga korban 
kebakaran. 
Dalam kesempatan tersebut, hadir Direktur Operasional R-ZIS UGM yaitu Bapak Taufikurrahman S.E.,M.BA. dan 
ditemani oleh Direktur Pengumpul Dana R-ZIS UGM yaitu Bapak Fuad Rakhman, S.E.,M.Sc.,P.hD.
 
Bapak Taufikurrahman bersama salah satu korban musibah
 
Dalam penyerahan bantuan kepada keluarga korban kebakaran, Pak Taufikurrhaman menyampaikan
rasa berduka cita atas musibah yang terjadi dan menimpa delapan keluarga. Beliau juga menyampaikan 
bahwa R-ZIS UGM akan membantu segenap keluarga korban yang mempunyai putra-putri yang masih 
sekolah untuk diberikan dana bantuan pendidikan. Di lain pihak, dari perwakilan warga yang terkena musibah 
menyampikan rasa terimakasih kepada RZIS UGM yang telah membantu warga yang tertimpa musibah 
kebakaran tersebut. 
 
(Hardy Santosa) 
 
Bahagia Itu Sederhana: Bersyukur Atas karunia PDF Print E-mail

Bpk Suwaji sedang menerima santunan bulanan RZISBpk Suwaji membawa barang dagangannya

      Adalah Bapak Suwaji,

      Beliau adalah salah satu penerima santunan Tuna netra RZIS.  Beliau bertempat tinggal di daerah Jalan Parangtritis Km.6 (Sebelah Utara Kampus ISI) Sewon, Bantul. Pak Suwaji memiliki keluarga Besar karena dikaruniai anak sebanyak 6 orang dan istri bernama Ibu Ramini.

Ingin membaca kelanjutannya...
 
Bantuan untuk Panti Asuhan Yatim Piatu PDF Print E-mail

Program RZIS yang satu ini adalah santunan bagi anak-anak yatim piatu yang tinggal di Panti Asuhan di Yogyakarta secara rutin selama beberapa bulan sekali. Saat ini jumlah Panti Asuhan yang mendapat santunan dari RZIS berjumlah 12, yaitu PA Wahid Hasyim, PA Muhammadiyah Nanggulan, PA Al-Hakim Sinar Melati 2, PA Bina Siwi, Ghifari, Ikatan Tunanetra Muslim, PA BASA (Badan Amal Shaleh Amanah), PA Al-Furqan, PA & PP Al-Quddus Sinar Melati 7, PA Diponegoro, PA & Pesantren Putri Muhammadiyah, dan Pondok Yatim Baitussalam. Alokasi yang dianggarkan setiap bulannya sekitar Rp500.000,00 untuk setiap Pondok Asuhannya. Akan tetapi frekuensi penyalurannya masih menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Sejauh ini penyaluran santunan masih belum rutin. 

 

DOK 

  

 Pipit, Azimah, dan Nia mengunjungi PA BASA (Lembaga Penyantunan Anak Asuh Badan Amal Anak Shaleh Amanah) yang beralamat di  di daerah Klepu, Sumberarum, Mogoyudan, Sleman, Yogyakarta, untuk memberikan santunan dari RZIS UGM untuk panti asuhan tersebut

 

 Indriyana Mei P menyalurkan sumbangan R-ZIS UGM kepada Panti Asuhan Al-Furqon yang beralamat di Gedongan, Sumberagung, Moyudan,Sleman. 

 

  

 Penyaluran Bantuan PA Diponegoro oleh Ervin

  

  

Mutia Pratiwi dan Rusmi Sri Wiyati,Penyaluran santunan dari RZIS UGM ke Panti Asuhan Muhammadiyah Putri disampaikan pada tanggal 25 Mei 2014, di lokasi panti yang berada di desa Jamblangan, Pakem 

  

Ficha, Habsari dan Fadillah menyalurkan santunan RZIS UGM ke Panti Asuhan Ghifari,Alamat Relokasi Pelem, Girikerto Turi Sleman
 

 
Sinopsis Aksi Kemanusiaan. PDF Print E-mail

1.      Penyaluran Sembako RZIS di Lingkungan Sekitar Ugm

               RZIS adalah salah satu Lembaga Amil Zakat Universitas Gadjah Mada yang bekerja untuk menyalurkan zakat, infaq, shadaqah, dan waqaf.  Ada berbagai program yang dilaksanakan di RZIS salah satunya adalah penyaluran sembako rutin setiap satu bulan sekali. Hal ini dilakukan agar dapat membantu  meringankan beban yang ditanggung masyarakat yang kurang mampu khususnya di wilayah sekitar UGM. Dalam kegiatan ini kami melibatkan para Penerima Tunjangan Hidup yaitu mahasiwa/mahasiswi UGM yang masih aktif dan yang membutuhkan. Pada periode saat ini 133 kepala keluarga dari 14 padukuhan yang mendapat manfaat dari program penyaluran sembako tersebut. Alokasi yang dianggarkan setiap bulannya pada periode ini sekitar Rp13.000.000,00 per bulannya.
 
<< Awal < Sebelumnya 1 2 3 4 Lanjut > Akhir >>

Hasil 1 - 5 of 17
@2008 Rumah ZIS Civitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada
Web Repaired by UGM Entrepreneur Club