PENGUMUMAN


Ada yang baru lho di Rumah ZIS UGM Cool 

 

 Dimohon temen-temen semua bisa memberikan masukan tentang web ini dilembar tamu Cry

Terimakasih.

 

 

Who's Online

Sekretariat

 Alamat:
 Komplek Masjid Kampus
 UGM - Bulaksumur
 Yogyakarta 55281

 

 Jam Buka :

 Senin-Sabtu

(9.00 - 16.00 WIB)

 Contact Person:

 rumahzisugm
  Nomor Telepon Kantor

 (0274 859 9066)
 (0856 4321 9696)

 E-mail :

  ugm.rzis [at] gmail.com 

  rumahzis [at] ugm.ac.id

 

 Facebook :

  Rumah Zis

  ugm.rzis [at] gmail.com

 Rekening:

 Bank Mandiri:
 137 000 602 6674

 (a.n. UGM-LAZIS UGM)

 

 Bank Muamalat:
 5350006616  

(a.n. Taufikur Rahman  atau Akhmad Akbar Susamto)

 

Bank Syariah Mandiri:
 7005046364  

(a.n. Haryono atau Taufikur Rahman)

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini41
mod_vvisit_counterKemarin88
mod_vvisit_counterMinggu Ini297
mod_vvisit_counterBulan Ini2256
mod_vvisit_counterSemua111898
Home arrow Kegiatan arrow Aksi Kemanusiaan
Aksi Sosial: Bantuan Sembako Sambut Ramadhan PDF Print E-mail
 
Sleman- Bantuan langsung kepada masyarakat kurang mampu berupa sembako diselenggarakan oleh RZIS (Rumah Zakat Infaq dan Sodakoh) UGM untuk masyarakat yang menjadi lokasi KKN - PPM UGM yang bertembat di Desa Sendangmulyo, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasi KKN - PPM UGM bertempat di tiga dusun, yaitu Dusun Kwayuhan, Dusun Slarongan, dan Dusun Mergan. Penyaluran Sembako dilakukan pada awal Bulan Ramadhan lalu. RZIS bekerjasama dengan KKN PPM Unit Sendangmulyo untuk terjun langsung ke masyarakat dalam rangka penyaluran bantuan sembako sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab kami bagi mitra. Selain perkenalan dengan warga dan menambah keakraban, penyaluran sembako bertujuan untuk sedikit meringankan beban untuk memenuhi kebutuhan primer bagi mereka yang benar- benar kurang mampu dan dapat dikategorikan sebagai orang yang sudah tidak produktif lagi untuk bekerja. Dengan diselenggarakannya program RZIS tersebut, diharapkan dapat sedikit meringankan beban bagi mereka yang benar- benar membutuhkan dan membangun citra yang positif sebagai bentuk kerjasama dalam kegiatan sosial.


Sepenuhnya, program ini didanai oleh mitra dari R-ZIS UGM yang dilaksanakan dilokasi KKN. Mahasiswa pelaksana KKN terjun langsung ke masyarakat dalam rangka penyaluran bantuan sembako sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kondisi sosial yang ada di masyarakat. Kegiatan ini menjadi sala satu sarana untuk srawung berbaur dengan masyarakat. Selain perkenalan dengan warga dan menambah keakraban, penyaluran sembako bertujuan untuk sedikit meringankan beban dalam memenuhi kebutuhan primer bagi mereka yang benar – benar kurang mampu dan dapat dikategorikan sebagai orang yang sudah tidak produktif lagi untuk bekerja. Kegiatan diawali dengan cara observasi/ survey kepada masyarakat, observasi tersebut bertujuan untuk memilah dan memilih siapa yang berhak mendapatkan bantuan berupa sembako. Observasi dilakukan agar pembagian sembako tidak salah sasaran. Selain itu, dilakukan juga koordinasi dengan perangkat setempat guna meminta saran dan data masyarakat fakir yang berhak menerima bantuan langsung sembako. Dengan diselenggarakannya program RZIS tersebut, diharapkan dapat sedikit meringankan beban bagi mereka yang benar- benar membutuhkan dan membangun citra yang positif sebagai bentuk kerjasama dalam kegiatan sosial. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program tersebut adalah kecemburuan sosial oleh masyarakat setempat. Sebisa mungkin kami mereduksi adanya kecemburuan tersebut dengan menjelaskan secara detail mengenai pembagian sembako tersebut, yang mana pembagian sembako tersebut memang tidak semua warga memperolehnya hanya untuk orang yang memang tergolong fakir.
 
Profil Tunanetra : Bapak Suwaji PDF Print E-mail

 

bapak suwadi

 

Siang hari tepatnya sehabis dzuhur , dua orang pengurus RZIS, serta bertemu dengan bapak Suwaji. Beliau adalah salah satu penerima santunan Tuna netra RZIS. Beliau bertempat tinggal di daerah Jalan Parangtritis Km.6 (Sebelah Utara Kampus ISI) Sewon, Bantul.  Pak Suwaji memiliki keluarga Besar karena dikaruniai anak sebanyak 6 orang dan istri bernama Ibu Ramini. Anak Pertama beliau kini sudah bekerja disalah satu perusahaan TV swasta terkenal di Indonesia dan pernah mengenyam pendidikan sampai kuliah. Menurut penuturan beliau, anak kedua SMA kelas 3 di PGRI Kasihan Bantul, anak ketiga bersekolah di SMK Muhammadiyah, anak keempat masih SMP, dan anak kelima serta keenam masih Sekolah Dasar.  Luar biasa perjuangan hidup beliau, kekurangannya sebagai penyandang  tuna netra bukan menjadikan penghalang bagi bapak enam anak ini bekerja keras demi membiayai kehidupan keluargannya.

 

bapak suwaji2
Jika hujan, maka yang bisa dilakukan hanya menunggu

 

Beliau biasa berjualan perabotan pembersih rumah seperti kemoceng, keset, sapu ijuk berkeliling-keliling di sekitar kompleks UGM, maupun masyarakat di daerah sekitar Kampus UGM. Berjualan perabotan pembersih rumah sudah beliau lakukan dari sekitar tahun 80-an, beliau juga tidak pernah gusar karena harus berkendaraan dan  pergi ke daerah yang cukup jauh dari tempat tinggal beliau. Beliau berjualan perabot pembersih rumah tangga selain dipergunakan untuk menghidupi kebutuhan keluargannya, disisi lain beliau juga turut membantu tetangganya karena bahan pembuatan perabot tersebut dipasok dari tetangga beliau juga. Beliau mengatakan dalam 1 hari barang jualannya bisa terjual ataupun kadang sama sekali tidak terjual . Dan tidak jarang pula Pak Suwaji harus bergulat dengan hujan dan panas di siang hari. Namun, beliau tidak pernah mengeluh ataupun kecewa dengan kondisi saat ini. Di tengah-tengah bekerja beliau tidak pernah melupakan Sang Pemberi Rezeki , saat adzan berkumandang bergegas beliau mencari masjid terdekat untuk salat dzuhur sekaligus beristirahat sejenak  15-30 menit. Inilah kehebatan beliau, untuk mengenalkan identitas diri beliau mempergunakan kartu nama, ternyata selain menjual  perabot pembersih rumah tangga beliau juga membuka Panti Pijat Tuna Netra

bapak suwaji3

Beliau juga memiliki fasilitas berupa telpon selular, yang sama dengan telepon selular biasa, dan tanpa kesulitan beliau menggunakannya untuk berhubungan dengan rekan-rekannya. Selain itu dengan alat ini, beliau juga menjadi lebih mandiri dan tidak membebani orang lainnya.

 

 
Profil Tunanetra : Ibu Rumini PDF Print E-mail

Ibu dari enam anak ini sudah tiga kali mendapatkan bantuan dari R-zis setiap bulannya. Ibu Ramini begitu orang memanggilnya. Beliau yang diberi kekuatan lebih oleh Allah untuk menjalani hidup sebagai seorang tunanetra ini sehari-harinya bekerja sebagai pemberi jasa pijat. Sebagian langganannya akan datang ke rumah Beliau di Sewon, Bantul. Namun, Beliau merasa pendapatannya belum cukup untuk membiayai hidupnya dan enam anaknya jika hanya mengandalkan kedatangan pelanggannya di rumahnya. Akhirnya, Beliau sering ke kota dengan mengendarai bis dan berkeliling untuk mendapatkan pasien. Tidak mudah memang jika seorang tunanetra harus berkeliling di kota Jogja yang cukup ramai ini.

 

Tunanetra

 

Sesekali ia berkeliling ditemani oleh anak bungsunya yang duduk di bangku kelas 3 SD, sehingga membuatnya lebih mudah. Namun, kesempatan itu hanya datang ketika liburan karena Ibu Ramini menyekolahkan semua anaknya ke pondok. Alasannya agar Beliau tidak was-was jika anak-anaknya ditinggal di rumah sementara Beliau pergi ke kota seharian untuk mencari nafkah. Ibu Ramini sudah berpisah dengan suaminya sejak lima tahun yang lalu, sehingga di kaki beliau semua harapan keluarganya berada. Setiap harinya dengan teliti Beliau kumpulkan ribuan demi ribuan untuk biaya hidup dan biaya sekolah anak-anaknya. Tarif pijat jika pelanggan datang ke rumah adalah Rp20.000 hingga Rp25.000, sedangkan jika di kota Beliau bisa mendapatkan Rp30.000 sekali pijat. Selain untuk membiayai hidup dan sekolah, layaknya Ibu-ibu yang lain, sesekali Beliau mengajak anak-anaknya untuk membeli baju baru di salah satu swalayan di kota Jogja. Di tengah kerasnya hidup, Beliau tidak pernah lupa untuk selalu membahagiakan anak-anaknya.

 
Santunan untuk Panti Asuhan dan Tunanetra PDF Print E-mail

 penyaluran ke panti     Panti Asuhan Sinar Melati 2

Akhir November lalu Rumah-ZIS UGM kembali menyalurkan dana untuk 10 panti Asuhan di Jogja, yang dinilai membutuhkan bantuan. Dana yang diberikan sebesar Rp 500.000 untuk masing-masing panti. Dana ini meskipun diharapkan mampu membantu memenuhi kebutuhan penghuni panti yang sebagian besar yatim atau piatu. Adapun Panti Asuhan yang mendapat bantuan yaitu :

 

 

Daftar Panti:

1. PA dan PP Al Quddus, Sinar Melati

    Alamat: RT 07/26 JL Lempongsari Raya, Sariharjo, Ngaglik Sleman

2. PA Al Azhar

    Alamat: Dusun V, Tayuban, Panjatan, Kulon Progo

3. PA Al Furqan

    Alamat: Gedongan, Sumberagung, Moyudan, Sleman

4. PA Diponegoro

    Alamat: Sembego, Maguwoharjo, Depok, Sleman

5. PA Muhammadiyah Nanggulan

    Alamat: Grubug V, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo

6. PA Al Hakim, Sinar Melati 2

    Alamat: Padasan, Pakembinangun, Sleman

7. PA Wahid Hasyim

    Alamat: Gaten, Depok, Sleman

8. PA Bina Siwi

    Alamat: Sendangsari, Pajangan, Bantul

9. Ghifari

    Alamat: Relokasi Pelem, Girikerto, Turi, Sleman

10. Ikatan Tunanetra Muslim

    Alamat: Maguwoharjo, Depok, Sleman

 

Penyaluran bantuan dana ini dilakukan secara sukarela oleh rekan-rekan mahasiswa penerima tunjangan hidup bulanan dari R-ZIS. Semoga dengan ini, diharapkan jiwa sosial dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungannya akan meningkat. 

 

Bantuan Untuk Tunanetra 

Selain itu juga rumah zakat menyalurkan bantuan untuk tunanetra setiap bulannya. Ada 9 orang tunanetra yang mendapatkan bantuan rutin bulanan. Bantuan yang diberikan berupa santunan bulanan dan juga fidyah dalam bentuk sembako.

 bantuan R-ZIS untuk tunanetra

bantuan R-ZIS untuk tunanetra 2 

 
perpanjangan tunjangan hidup mahasiswa PDF Print E-mail

UPDATE:

Perpanjangan Tunjangan Hidup RZIS UGM untuk mahasiswa

Periode semester ganjil (bulan September 2012 s.d Januari 2013)

Syarat:

1.       Mengumpulkan KHS

2.       Transkrip terbaru

3.       Surat Permohonan Perpanjangan

4.       dan mengisi kuisioner (bisa di ambil di kantor pada pukul 09.00-21.00)

5.       maks tanggal 28 Agustus 2012 sudah harus dipenuhi

 
<< Awal < Sebelumnya 1 2 3 Lanjut > Akhir >>

Hasil 1 - 5 of 12
@2008 Rumah ZIS Civitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada
Web Developer By CV. Camp26