Kunjungan ke Panti Hafara

Pada hari Rabu, 03 Desember 2015 kami dari Tim RZIS UGM melakukan kunjungan ke Panti Hafara yang berlokasi di Kasihan, Bantul.  Saat tiba di tempat, kami disambut hangat oleh Pak Yanto yaitu Ketua Yayasan Panti Hafara. Kemudiaan kami berbincang-bincang dengan beliau dan diajak berkeliling area panti. Panti Hafara adalah panti yang menampung para tunalaras yakni orang yang mengalami gangguan kejiwaan dan anak gelandangan disekitar wilayah tersebut.

Suasana Panti Hafara

Gambar 1: Suasana Panti Hafara

Panti ini juga dekat dengan sastrawan dan budayawan Cak Nun sehingga pemberian nama hafara diperoleh dari beliau. Kata hafara berasal dari “hadza min fadli rabbi..”, penggalan dari ayat dalam Al-Quran surat An-Naml ayat 40 yang memiliki arti “ini ialah karunia dari Tuhanku..”, sehingga diharapkan panti ini dapat melayani dan membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan khusus seperti para tunalaras dan anak gelandangan. Saat ini telah tercatat panti menampung  90 orang dengan jumlah tunalaras 70 orang berusia lansia  dan anak gelandang berjumlah 20 orang seusia anak SD.

Para tunalaris dan anak gelandangan sedang berkumpul bersama

Gambar 2: Para tunalaras dan anak gelandangan sedang berkumpul bersama

Kondisi panti sangat ramai dan saat kami berkunjung terlihat adanya kegiatan edukasi bagi para tunalaras yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta untuk membantu para tunalaras berkomunikasi dengan baik dan sembuh seperti sediakala.

Tempat edukasi dan bermain

Gambar 3: Tempat edukasi dan bermain

Kami juga memberikan santunan kepada Yayasan Panti Hafara yang insya Allah akan dilanjutkan dengan pemberian santunan rutin setiap bulan. Kami mengucapkan terima kasih bagi para muzakki yang memberikan zakat, infaq dan shodaqoh melalui RZIS-UGM. Semoga kegiatan ini diridhoi-Nya dan memberikan manfaat bagi para tunalaras dan anak gelandangan disana. Amiin

Staf RZIS-UGM memberikan santuan dana ke Pak Yanto

Gambar 4: Staf RZIS-UGM memberikan santuan dana ke Pak Yanto