Panti Asuhan Ghifari

Panti Asuhan Al Furqon yang berdiri sejak 16 Juli 2011, terletak di barat kota Yogyakarta (berbatasan dengan Kab. Kulonprogo), beralamat di Dusun Gedongan, Desa Sumberagung, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Propinsi D.I. Yogyakarta. Membina siswa-siswi setara SD–SMK dengan perpaduan pendidikan umum dan pendidikan pesantren (modern), yakni merintis kader-kader penghafal Al Qur'an, dilengkapi berbagai ketrampilan basic (lifeskill) seperti: komputer, menjahit, organisasi (training leadership), kepustakaan, dll. Mayoritas penghuni panti adalah perempuan, mereka sekaligus merupakan murid SMK (ex. SMK Islam Moyudan). Kami menyerahkan dana bantuan sebesar Rp 500. 000, 00.

PA Al-Furqon



A.     Tujuan Panti Asuhan Al Furqon

Mewujudkan pelajar muslim yang berakhlaq mulia, bermartabat, cerdas dan dapat melanjutkan tongkat estafet da’wah demi tegaknya kalimat Allah di muka bumi.

B.     Visi Panti Asuhan Al Furqon

Terangkatnya harkat dan martabat anak asuh yang berjiwa merdeka, mandiri, terbuka, berpengetahuan luas, berakhlaqul karimah, mencintai keindahan serta memiliki kompetensi untuk menghadapi perkembangan zaman. dan mewujudkan Islam sebagai Rahmatan Lil’alamin.

C.      Misi Panti Asuhan Al Furqon

  1. Menanamkan ilmu dan nilai-nilai keislaman yang terwujud dalam pengamalan dan perilaku sehari-hari berdasarkan Al Qur’an dan Al Hadist.
  2. Memberikan peran pengganti sebagai orang tua, guru, saudara dan sahabat.
  3. Menyelenggarakan sistem pengasuhan dengan metodologi yang mampu merangsang dan menumbuhkan potensi-potensi dasar kepribadian anak.
  4. Menyelenggarakan pendidikan berorientasi pada sistem nilai dan kesadaran.
  5. Mengupayakan pendidikan formal minimal setingkat SMK. Sampai PerguruanTinggi bagi Anak Asuh yang berkompeten.
  6. Menyelenggarakan kursus ketrampilan kerja (vocational skill) yang bernilai ekonomis untuk bekal hidup mandiri. Serta Pembinaan untuk menjadi kader ummat.

D.     Stuktur Kepengurusan Panti Asuhan Al Furqon

Merupakan lembaga yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, dalam hal ini menyantuni Yatim-Piatu, Yatim, Piatu, dan Dhuafa’. Berada di bawah Yayasan Al-Furqon Moyudan. Adapun struktur kepengurusannya adalah sebagai berikut:

Penasehat                                    : Ir. H. Ahmad Supriyadi, MM.

Ketua                                : Aryayin

Sekretaris                         : Suluri

 Bendahara                      : Milatul Hidayah, S.Pd.I Al Hafidzoh

Sie humas & pendanaan :Suyudi 

Sie pendidikan                 : Tri mulyani

Anggota lain                     : Fuad Anwari, Susilowati, Jarwati, Wiwin Anggraeni, Rumaisyoh,   Laila Fidun’ya, dan Ana Vita.

E.      Fasilitas Panti Asuhan Al Furqon

Berada di dalam komplek SMK Islam dan Yayasan Al-Furqon Moyudan menempati 4 ruangan. Area Al-Furqon ini berada di atas tanah milik Sri Sultan Hamengkubuwono IX dengan perjanjian hak pakai. Adapun lokasi Lembaga Panti Asuhan (Asrama Putra dan Putri) tersebut berada di ± 5.900 m2. Fasilitas dalam panti ini :

  1. Tidak dikenakan biaya apapun  sejak anak di terima menjadi anak asuh.
  2. Semua keperluan pendidikan dan kebutuhan sehari hari ditanggung oleh Panti Asuhan, sampai dengan anak asuh tersebut dinyatakan telah lulus ( SMK/SMA ) dan diserahkan kembali pada walinya.
  3. Selama anak asuh tinggal di Panti Asuhan, anak dibekali dengan berbagai ilmu dan ketrampilan. Ini bertujuan selepas meninggalkan Panti Asuhan, anak benar-benar mampu untuk hidup mandiri serta mengamalkan berbagai ilmunya yang pernah didapat selama tinggal di Panti Asuhan. Diwajibkan bagi anak asuh yang tinggal di dalam Panti untuk  taat pada tata tertib/peraturan yang berlaku di Panti, dan  apabila ada anak asuh yang melanggar maka akan mendapatkan teguran ataupun sanksi, 
  4. Bagi anak asuh yang berprestasi selepas dari SMK/SMA bisa melanjutkan keperguruan tinggi, dan bagi adik-adik tingkat akan mendapatkan hadiah atas prestasi yang telah mereka raih pada akhir semester.

F.      Situasi dan Kondisi Panti Asuhan Al Furqon

Panti Asuhan Al-Furqon Moyudan menyantuni anak asuh  dengan perincian sebagai berikut :

No.

Kelompok

SMP

SMK

1

Putri

32

2

Putra

7

2

Jumlah

 

48

G.     Kegiatan Panti Asuhan Al Furqon

Kegiatan pendidikan yang dilaksanakan di Lembaga Panti Asuhan Al-Furqon Moyudan meliputi:

1.      Pendidikan Formal

Pendidikan umum di SD–SMK di lingkungan setempat. 

2.      Pendidikan Pesantren

Dilaksanakan di lingkungan Panti Asuhan di luar jam sekolah umum. Adapun materi pelajaran yang diberikan adalah: Aqidah akhlaq, Ibadah praktis, Bahasa Arab, Tajwid, Tahfidz, dan materi tambahan seperti: Kesehatan, Olah raga, Kesenian, Seni Baca Al Qur’an, dan Berbagai Ketrampilan dan pendidikan berorganisasi kepemimpinan.

 

H.    Program Panti Asuhan Al Furqon

Lembaga Panti Asuhan Al-Furqon Moyudan memiliki beberapa program, di antaranya:

1.      Program Reguler:

a.       Takhassus, bagi santri berbakat, meliputi : Tahfiz (hafalan) Al Qur'an dan Tilawah Al Qur'an

b.      Kegiatan Pembiasaan: Muhadharah, Pembiasaan bahasa Arab, dan Inggris

c.       Ekstrakurikuler, kegiatan pilihan bagi Santri : Kaligrafi/Khat, Nasyid, Drama, Rebana, Menjahit, Mading.

2.      Program Unggulan:

a.       Tahfidz

Program unggulan ini menitikberatkan pada santri yang memang memiliki bakat di bidang tersebut.

b.      Mengajar TPA

Merupakan program yang diharapkan para santri mendapat keterampilan yang lebih ketika telah keluar dari Pondok Pesantren Al Furqan.

c.       Usaha Konveksi

Suatu usaha yang akan dijalankan para santri sebagai bentuk perwujudan life skill dan memandirikan dari segi pembiayaan.

I.       Sumber Dana Panti Asuhan Al Furqon

Sumber dana Lembaga Panti Asuhan Al-Furqon Moyudan berasal dari donator pendiri pengurus Yayasan Al-Furqon Moyudan dan sumbangan para dermawan.