Penyaluran Sembako untuk Kaum Dhuafa di Sekitar Kampus UGM

Disamping menyalurkan secara langsung langsung, R-ZIS juga bekerjasama dengan para penerima tunjangan hidup dari R-ZIS dalam bentuk kegiatan-kegiatan bulanan. Salah satunya adalah kegiatan penyaluran bingkisan Ramadhan untuk kaum dhuafa di sekitar kampus UGM.

Sebagaimana bulan ramadhan-ramadhan sebelumnya, pada bulan Ramadhan 1433 H RZIS kembali mneyalurkan dana zakat infaq shodaqohnya dalam program pembagian sembako bingkisan Ramadhan untuk kaum dhuafa di daerah sekitar kampus. Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan kaum dhuafa dalam menjalankan ibadah puasanya.

Penyaluran Sembako


Adapun tujuan dari pelaksanaan program ini adalah:

1.      Salah satu bentuk penyaluran dana yang telah dihimpun oleh R-ZIS UGM.

2.      Menjalin hubungan sosial yang baik dengan masyarakat di sekitar kampus.

3.      Meringankan beban kaum duafa di sekitar kampus.

4.      Menumbuhkan jiwa sosial dan meningkatkan rasa kepeduliaan para mahasiswa.

5.      Menambah semangat untuk menjalani ibadah puasa.

Sasaran penyaluran bingkisan ramadhan kaum dhuafa pada tahun ini adalah kaum dhuafa di daerah:

1.      Karanggayam

2.      Karangmalang

3.      Kuningan

4.      Santren

5.      PogungKidul

6.      Sendowo

Penyaluran dilakukan berdasar pada data kaum dhuafa di sekitar kampus UGM yang telah dimiliki RZIS dari pendataan tahun sebelumnya dan pernah mendapatkan bingkisan dalam program serupa pada Ramadhan tahun lalu. Dengan demikian R-ZIS dapat memantau bagaimana perkembangan taraf perekonomian kaum dhuafa di sekitar kampus.

Penyaluran dilaksanakan pada awal Ramadhan sebagai bentuk kegiatan untuk para mahasiswa penerima Tunjangan Hidup dari R-ZIS. Kegiatan diawali dengan membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok untuk bertugas di area yang telah ditentukan. Mereka terjun ke masyarakat dan melakukan survey langsung terkait kondisi kaum dhuafa seperti kondisi rumahnya, pekerjaan, pendapatan, jumlah tanggungan, dan lain sebagainya. Hasil dari survey ini dijadikan dasar untuk mengambil keputusan penyaluran.

Selain bekerja sama dengan para penerima tunjangan hidup, R-ZIS juga bekerjasama dengan para mahasiswa KKN PPM unit 173 yang berlokasi di desa sinduadi khususnya dusun Sendowo, Pogung Kidul, dan Pogung Lor. Mekanisme penyalurannya juga sama. Para mahasiswa KKN PPM mensurvey langsung kaum dhuafa yang telah direkomendasikan oleh masing-masing ketua RT. Dari data tersebut kemudian diputuskan kaum dhuafa yang berhak mendapat penyaluran sembako bingkisan ramadhan.

 

Adapun rincian data dari setiap sub unit adalah sebagai berikut:

Data Penerima Sembako Ramadhan 1433 H di Lokasi KKN 2012

No

Wilayah

Rekomendasi

Prioritas

1

Pogung Kidul 1

80 KK

31 KK

2

Pogung Kidul 2

49 KK

19 KK

3

Pogung Lor

94 KK

28 KK

4

Sendowo

95 KK

22 KK

Jumlah

318 KK

100 KK

 

Untuk penyaluran oleh mahasiswa penerima tunjangan hidup dari R-ZIS, penyaluran dilaksanakan pada hari jumat dan Sabtu tanggal 26 dan 27 Juli 2012 kepada 100 kepala keluarga kaum dhuafa. Selain itu bingkisan juga disalurkan kepada karyawan Masjid Kampus UGM yang telah mengabdikan diri dan secara ekonomi dinilai berhak menerima bingkisan tersebut.

Untuk penyaluran yang dilakukan oleh mahasiswa KKN PPM, penyaluran dilaksanakan Minggu, 22 Juli 2012 pukul 13.00-15.00 WIB, oleh mahasiswa KKN-PPM dari masing-masing sub unit dengan menggunakan motor dengan mengantarkan langsung bingkisan ramadhan ke rumah warga yang telah ditetapkan. Secara umum kegiatan pembagian bingkisan ramadhan berjalan lancar dan tertib.

Bulan Oktober 2012 R-ZIS juga menyalurkn kembali sembako kepada kaum dhuafa di sekitar kampus UGM yang sebelumnya juga termasuk warga yang pernah memperoleh sembako.

Adapun rincian penerima sembakosecararutin dari masing-masing daerah adalah sebagai berikut:

Data Penerima Sembako untuk Kaum Dhuafa Bulan Oktober 2012

No

Wilayah

Jumlah Penerima

1

Karanggayam

9 KK

2

Karangmalang

12 KK

3

Kuningan

15 KK

4

Santren

6 KK

5

PogungKidul

46 KK

6

Sendowo

22 KK

Jumlah

110 KK