Program KKN bersama R-ZIS 2012

Salah satu program yang diselenggarakan Rumah Zakat Infaq Shodaqoh (R-ZIS) UGM dalam rangka menyalurkan dana yang telah terhimpun adalah dengan membentuk tim Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dengan tim KKN ini, disamping R-ZIS menjadi mintra yang akan membantu pendanaan program-program KKN, R-ZIS juga dapat meng-include-kan program-programnya menjadi salah satu program KKN.

KKN R-ZIS


Sejauh ini R-ZIS telah dua kali membentu tim KKN yaitu pada KKN tahun 2010 dan 2012 dengan lokasi yang berbeda namun dekat dengan UGM. KKN yang pertama berlokasi di daerah timur kampus UGM (Karang Malang, Kuningan, dan Santren). Sedangkan KKN kedua berlokasi di daerah utara dan barat UGM yaitu dusun Pogung Lor, Pogung Kidul, dan Sendowo. Dekatnya lokasi sasaran KKN RZIS ini menunjukan bentuk kepedulian RZIS terhadap kondisi masyarakat di sekitar kampus UGM.

Tema yang dibawa hampir sama yaitu pemberdayaan kaum dhuafa untuk meningkatkan kesejahteraanya. Sehingga RZIS membuat beberapa program yang ditujukan khusus untuk kaum dhuafa seperti survey dan pendataan warga miskin di sekitar kampus serta pembagian sembako untuk kaum dhuafa dengan harapan program-program ini R-ZIS memegang database kaum dhuafa di sekitar kampus, menyantuninya secara rutin, dan memantau perkembangan taraf perekonomiannya. Dengan program ini pula diharapkan terjadi interaksi sosial yang positif antara masyarakat di sekitar kampus dan kampus UGM sehingga dapat dirasakan adanya benteng sosial; suatu kondisi harmonis dan saling menjaga antara masyarakat dan kampus.Hal inilah yang juga sekaligus menjadi latar belakang terselenggaranya KKN ini.

Adapun tema yang diangkat pada KKN 2012 adalah Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Pembinaan UMKM berbasis Education For Sustainable Development bersama Rumah Zakat Infaq dan Shadaqah UGM (RZIS UGM) di Dukuh Sendowo, Pogung Kidul, dan Pogung Lor, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. KKN berjalan dengan lancar dan berkesan bagi warga dan mahasiswa.


Hasil nyata yang didapatkan dari program KKN RZIS ini adalah muncul pandangan pada masyarakat lokasi KKN bahwa UGM peduli dengan tetangganya. Nama besar dan prestasi UGM di Indonesia bahkan di dunia semestinya berbanding lurus dengan kondisi masyarakat di sekitarnya. Tidak ada kesenjangan. Karena ternyata masih cukup banyak masyarakat miskin dan terbelakang yang bertempat tinggal di sekitar kampus. Dengan adanya KKN ini maka upaya kampus untuk menjaga kondisi seimbang antara kampus dan masyarakat di sekitarnya dapat terwujud.