Sekilas 4 Tahun R-ZIS

SEKILAS R-ZIS UGM

 

Logo R-ZIS

 

Rumah Zakat Infaq Shodaqoh Universitas Gadjah Mada atau R-ZIS UGM lahir pada tanggal 22 September 2008. Ide lahirnya R-ZIS UGM berawal dari kesadaran civitas akademika UGM untuk mengakomodasi penting zakat dalam syariat yang dijalankan oleh kaum muslim dan muslimah di lingkungan UGM. Atas dasar tersebut beberapa tokoh muslim UGM bertemu dengan Wakil Rektor Senior UGM pada saat itu (Prof. Ainun Na’im, MBA, Ph.D) dan didukung untuk membuat lembaga amil (pengumpul) zakat di lingkungan UGM, kemudian dilakukan seremoni peresmian oleh Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D pada tanggal 22 September 2008.

Adapun perincian dari kegiatan-kegiatan tersebut adalah sebagai berikut: Silahkan di KLIK

       1. Penghimpunan Dana R-ZIS

       2. Program Beasiswa(Tunjangan Hidup) dari R-ZIS

       3. Penyaluran Sembako untuk Kaum Dhuafa (fakir dan miskin) di Sekitar Kampus UGM

       4. Penyantunan Tunanetra

       5. KKN RZIS UGM

Misi dari keberadaan R-ZIS UGM adalah:

 

§     Perwujudan satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Masyarakat

§     Mengoptimalkan peran UGM di masyarakat, khususnya dalam bidang sosial kemanusiaan, maka dibentuklah Lembaga Amil Zakat (LAZ) dengan nama RUMAH ZIS CIVITAS UGM. Sebutan Rumah ZIS itu sendiri untuk menggambarkan sebuah idealism baitul maal pada masa Rosulullah dan para sahabatnya yang mampu mewujudkan kesejahteraan bagi umatnya.

§     Meningkatkan mental solidaritas (setia kawan) yang dilandasi oleh niat beribadah dan persaudaraan sesama muslim (ukhuwwah islamiyah), kebersamaan, semangat untuk membela kepentingan bersama dari masyarakat kecil bawah (mikro) setempat.

 

 

 

Aktivitas R-ZIS UGM

§     Pengumoulan dana zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf di lingkungan civitas akademika muslim UGM (terutama Zakat Maal/Profesi), saat ini sudah mulai terkumpul dari 10 Fakultas dan beberapa kantor dan pusat studi di lingkungan UGM)

§     Sasarn dan lingkup penyaluran dana: masyarakat secara umum yang belum mempunyai kemampuan secara ekonomi (miskin), khususnya masyarakat yang terkait langsung dengan UGM (stakeholders UGM): Mahasiswa, karyawan, masyarakat sekitaar kampus UGM, dll)

§     Selama 4 tahun berjalan R-ZIS telah memberikan sekitar 300 beasiswa kepada mahasiswa UGM (48 mahasiswa di tahun 2010, 108 mahasiswa di tahun 2011, 147 mahasiswa di tahun 2012 dan 33 beasiswa SMA, santunan ke siswa SD dan SMP. Mengerahkan mahasiswa KKN untuk memberi santunan masyarakat dhuafa di sekitar UGM, pengumpulan dan penyaluran zakat fitri, penggalangan dan penyaluran dana bencana alam Merapi, Wasior dan Mentawai.

 

 Setelah 4 tahun R-ZIS UGM

R-ZIS telah secara rutin menerima dana zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf di lingkungan UGM, saat ini dana telah terkumpul sekitar 300 juta rupiah (detail lihat neraca dan laporan peubahan dana), dan alokasi terbesar diberikan untuk beasiswa UGM, namun santunan bagi elemen penerima zakat lainnya tetap diberikan, seperti kepada fakir miskin (melalui Kuliah Kerja Nyata-KKN dan penyaluran sembako), anak-anak yatim (menyantuni secara rutin 10 Panti Asuhan sekitar DIY), santunan kaum dhuafa-anak jalanan di sekitar UGM, serta orang-orang yang kesusahan (musafir, ghorimin-orang terlilit utang, pasien rumah zakit) yang langsung datang ke kantor R-ZIS di Komplek Masjid Kampus UGM.

 

 

1.      Penghimpunan Dana R-ZIS

Dana yang dihimpun R-ZIS berasal dari lingkungan internal dan ekternal UGM. Penghimpunan eksternal berasal dari masyarakat atau jamaah yang datang ke masjid kampus UGM. Sedangkan penghimpunan dana lingkungan internal UGM berasal dari civitas akademika UGM seperti dosen, karyawan, dan mahasiswa UGM.

Adapun rincian penghimpunan dana dari ligkungan internal UGM adalah sebagai berikut:

Fakultas, Sekolah, Institusi di Lingkungan UGM

Sumber Beasiswa (Dosen/Karyawan)

Nominal Rupiah (Jan-Sept 2012)

 
 

BIOLOGI

Belum Ada

0

 

EKONOMIKA & BISNIS

Ada

13.453.000

 

FARMASI

Belum Ada

0

 

FILSAFAT

Belum Ada

0

 

GEOGRAFI

Ada

1.894.900

 

HUKUM

Belum Ada

0

 

ILMU BUDAYA

Belum Ada

0

 

ISIPOL

Ada

2.135.000

 

KEDOKTERAN

Ada

1.500.000

 

KEDOKTERAN GIGI

Ada

7.180.000

 

KEHUTANAN

Ada

4.769.000

 

MIPA

Belum Ada

0

 

PERTANIAN

Ada

600.000

 

PETERNAKAN

Belum Ada

0

 

PSIKOLOGI

Ada

2.000.000

 

TEKNIK

Belum Ada

0

 

TEKNIK PERTANIAN

Belum Ada

0

 

TEKNOLOGI PERTANIAN

 

 

 

SEKOLAH VOKASI

Belum Ada

0

 

SEKOLAH PASCASARJANA

Belum Ada

0

 

MAGISTER MANAJEMEN

Ada

5.450.000

 

DIPLOMA

 

 

 

Lab Kimia Organik Mipa

 

2.000.000

 

Subdit Kesejahteraan Mahasiswa

 

2.825.000

 

Subdit APK DITMAWA

 

4.393.500

 

TOTAL

 

48.200.400

 

 

 

1.      Penyantunan Tunanetra

Salah satu program RZIS adalah santunan untuk tunanetra. Hal ini bertujuan untuk memberikan semangat bagi penyandang tuna netra agar lebih semangat lagi dalam beribadah, bekerja dan sedikit membantu dalam hal perekonomian. Program ini dimulai padatahun 2011 dengan hanya 3 orang penerimasantunan. Mereka adalah Pak Jarwo dari Gunung kidul, dan Pak Muhadi dan IbuMuhadi (beliau suami isteri) dari Wonosari. Mereka bertiga selama ini bekerja sebagai tukang pijat keliling. Santunan diberikan setiap awal bulan, mereka langsung datang ke R-ZIS UGM untuk mengambil santunan, hal ini bertujuan agar tali silaturahmi tetap terjalin dengan R-ZIS UGM.

Sampai sekarang sudah ada total 5 (lima) orang penerima santunan RZIS UGM. Pada tahun 2012, bapakSuwajimulaimenerimasantunan. Beliau bekerja sebagai penjual sapu, keset dll.BapakJaswadi, beliaujadipenerimasantunanmulaibulanAgustus 2012. Alhamdulillah dengan adanya santunan tersebut walaupun sedikit nominalnya sangat membantubagi para penyandang tuna netra tersebut. Semoga program ini akan terus berjalan.Adapunrincianpenerimasantunanuntuktunanetradari R-ZIS UGM tiapbulanadalah

No

Nama

Nominal

1

BapakMuhadi

Rp115.000,00/bulan

2

BapakJarwo   

Rp120.000,00/bulan

3

BapakSuwaji

Rp115.000,00/bulan

4

BapakJaswadi            

Rp120.000,00/bulan

5

Ibu Sarmini

Rp 115.000,00/bulan

6

Ibu Muhadi

Rp 115.000,00/bulan

Jumlah

Rp 700.000,00/bulan

 

Semoga program penyantunan tunanetra ini menjadi salah satu penggerak kepada kalangan umat islam yang telah mampu untuk semakin peduli kepada pihak-pihak yang Alloh tetapkan memiliki kekurangan.